Jumat, 03 April 2009

Transistor Bipolar dan Unipolar


RESUME TRANSISTOR BIPOLAR DAN TRANSISTOR UNIPOLAR

Transistor Bipolar
Transistor Junction disebut juga Transistor Bipolar karena kristal PNP dan NPN disebut Transistor Junction dan karena mempunyai dua macam pembawa muatan yaitu elektron bebas pada N dan hole pada P. Pengertian Transistor Bipolar sendiri adalah Transistor yang memiliki dua sambungan kutub. Transistor Bipolar dibagi menjadi dua jenis yaitu:
NPN BJT ( Bipolar Junction Transistor )
PNP BJT ( Bipolar Junction Transistor )
Cara kerja BJT dapat dibayangkan sebagai dua dioda yang terminal positif dan negatifnya berdempet, sehingga ada tiga terminal. Ketiga terminal itu adalah emiter (E), kolektor (C), dan basis (B).
Pembiasan Transistor Bipolar antara lain:
Bias Forward – Forward
Bias Reverse – Reverse
Bias Forward – Reverse
Cara Kerja Transistor Bipolar
Menggunakan dua polaritas pembawa muatan elektron dan lubang untuk membawa arus listrik.

Transistor Unipolar
Adalah Transistor yang memiliki satu sambungan kutub, yang terbagi menjadi dua yaitu FET ( Field Effect Transistor ) memiliki JFET kanal P dan N, dan MOSFET memilki kanal P dan N. Fungsinya membuat N – Channe JFET menjadi sebuah versi solid – state dari tabung vakum, yang juga membentuk sebuah dioda antara grid dan katode. Keduanya bekerja di “depletion mode”, dan juga memilki impedansi input tinggi dan menghantarkan arus listrik dibawah kontrol tegangan input.
FET (Field Effect Transistor )
Terbuat dari bahan semikonduktor, mempunyai kaki yaitu gerbang (gate), sumber (source), dan cerat (drain). FET terbagi menjadi dua macam yaitu FET Kanal dan FET Kanal N. FET lebih jauh lagi dibagi menjadi tipe enhancement mode dan depletion mode. Mode menandakan polaritas dan tegangan gate dibandingkan dengan source saat FET menghantar listrik. Dalam depletion mode, gate adalah negatif dibandingkan source, sedangkan dalam enhancement mode gate adalah positif. Jika gate lebih positif maka aliran arus diantara source dan aliran meningkat. Sebagian besar IGFET adalah tipe enhancement mode, dan hampir semua JFET adalah tipe depletion mode.
Cara Kerja Transistor Unipolar
Hanya menggunakan satu jenis pembawa muatan (elektron atau hole, tergantung dari tipe FET ). Dalam FET, arus listrik utama mengalir dalam satu kanal. Dan ketebalan dari daerah perbatasan ini dapat dirubah dengan perubahan tegangan yang diberikan.

3 komentar:

rama mengatakan...

oyyyyy,,,blognya kasihin gambar rangkaian elktro donk,,,,,,

rifay mengatakan...

kampuznya mn?punya rangkaian elektro gak?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.